28 May 2012

Let's Cook

Memasak adalah sesuatu yang akrab dilakukan oleh keluarga saya, terutama di hari Minggu. Bapak yang biasa melakukannya. Pagi-pagi udah belanja ke pasar dan masak bareng sekeluarga. He cooks very well, kebalikan dengan ibu yang nggak bisa masak enak. Hahaha.

Dalam keluarga saya, ada 4 orang yang berkecimpung di dunia masak-memasak. 2 orang bude saya punya usaha bikin kue-kue yang damn delicious. Nenek saya yang dari bapak, dulunya adalah seorang koki asrama. Dan bapak adalah penerus resep-resep masakan dari eyang. Dan eyang putri yang dari ibu juga juru masak keraton untuk Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Beliau suka share resep-resep masakan enak ala keraton (yang ternyata simple loh saudara-saudara). 

Well, this time, I'm gonna share a recipe. Pork with Honey-Lemon Sauce, plus Mashed Potatoes and Sweet Veggie. Pada dasarnya kita bisa pake daging sapi atau ayam, tp I prefer pork soalnya lebih sweet. But it's up to you mau masak pake daging apa. Hehehe. Okay, let's start.

Buat masak Pork with Honey-Lemon Sauce, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan:
  • Daging (sapi atau babi)
  • Irisan bawang bombay
  • Bawang putih yang sudah di-chop-chop
  • 250cc kaldu
  • 2 sdm madu
  • 2 sdm perasan air jeruk lemon (atau bisa pake nutrisari)
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tomat
  • 1 sdt pala bubuk
  • merica
  • garam
Gampang kan? Sekarang cara masaknya:
  • Tumis bawang putih yang sudah di-chop-chop. Lalu masukkan irisan bawang bombay. Tumis sampai harum dan layu.
  • Masukkan potongan daging. Aduk sampai daging berubah warna
  • Masukkan air kaldu
  • Tambahkan garam, merica (better use blackpepper), pala bubuk
  • Tambahkan juga kecap manis, saos tomat, madu, dan perasan air jeruk lemon
  • Aduk dan diicip. Kalau kurang bumbu, bisa ditambahkan bumbu lagi
  • Tunggu sampai airnya sedikit menyusut dan bumbu merasuk ke dalam daging. And taraaa... jadilah pork with honey and lemon sauce.
Cepet kan? Prosesnya nggak lama kok. Paling sekitar 10-15 menit aja. Sekarang kita masak tambahannya: Mashed Potatoes dan Sweet Veggie. 

Untuk membuat mashed potatoes, kita cuma perlu menyiapkan kentang, 2sdt margarin, susu cair, pala bubuk, merica, dan garam. Potong kentang sampai kecil-kecil, bentuk dadu aja kalau bisa. Rebus. Lalu haluskan. Setelah itu panaskan margarin, masukkan kentang tumbuk dan susu. Aduk sampai rata. Jangan lupa tambahkan pala bubuk, merica, dan garam. Nggak usah lama-lama masaknya. Yang penting semua bumbu tercampur rata. Untuk sayurannya, cukup dipotong aja dan direbus pakai susu cair. Nggak perlu ditambah apa-apa lagi soalnya rasanya udah manis. Semanis akyuuuuu *hahahahaha, minta ditabok*.

Gimana? Gampang kan? Boleh lho dicoba. Jangan lupa kirimin ke rumah ya buat icip-icip hehehe. Let's enjoy the meal! :)



my very own Pork with Honey and Lemon Sauce,
with Mashed Potatoes and Sweet Veggie